Resep soto sokaraja asli gurih dan lezat

Resep soto sokaraja asli gurih dan lezat.-Hay sista..!!.Menu olahan soto ini memang sangat berfariasi dan beraneka ragam.Muali dari soto betawi,soto banjar,soto khas solo,soto kering klaten dan masih banyak lagi olahan dengan nama soto.Pastinya semua olahan tersebut berbahan dasar sama hanya ada sedikit perbedaan dari cara mengolah dan menyajikan nya.

Nah kali ini kita sedikit mengulas masakan khas sokaraja purwokerto banyumas jawa tengah.Ia soto sokaraja.Hidangan ini sangat terkenal dan populer sekali didaerah asalnya sokaraja banyumas jawa tengah.Jadi jika sista berwisata ke jawa tengah tepatnya purwokerto,banyumas,sokaraja.Kudu wajib nyobain menu yang satu ini soto sokaraja.


Resep soto sokaraja asli gurih dan lezat
Resep soto sokaraja asli gurih dan lezat

Ngomong-ngomong soto sokaraja,Kita coba kasih sedikit resep untuk sista coba praktekan dirumah bagai mana cara membuat nya,jadi sista tidaj usah jauh-jauh pergi ke banyumas untuk mencicipi hidangan yang mantap satu ini.Oke sis langsung saja disimak dan dicatat ya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

500 gram Daging sengkel sapi
2 ltr air
2 btg serai
2 cm lengkuas memarkan


2 sdm kecap manis
1 bungkus kaldu sapi
Garam dan gula secukup nya

Bumbu yang dihaluskan :

20 siung bawang merah
10 siung bawang putih
8 butir kemiri disangrai dahulu
4 cm kunyit yang suda dibakar
3 cm jahe
1/2 sdt merica

Bumbu untuk sambal kacang nya :

150 gram kacang tanah, digoreng kemudian dihaluskan
2 buah cabe merah keriting
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1,5 sdm gula merah
Garam dan gula secukup nya
2 sdt air asam jawa
150 ml air
2 sdm minyak untuk menumis

Bahan pelengkap soto nya :

200 gram soun diseduh
200 gram tauge
Bawang merah goreng
2 batang daun bawang diiris tipis
2 batang seledri, diiris tipis
Kerupuk

Cara membuat nya : 

1.Rebus daging sampai matang kemudian otong kotak sisihkan.

2.Ambil sisa air rebusan daging tadi untuk kaldunya lalu tambahkan air sekitar 2 liter,dan Rebus kembali hingga mendidih.Setelah proses ini selesai.sisihkan dahulu.

3.Panaskan minyak,Tumis bumbu halus,lengkuas dan serai sampai harum.Setelah bimbu matang masukan kedalam air kaldu yang dibuat tadi.

4.Kemudian masukkan kecap manis,garam,gula dan kaldu sapi instan 1 bungkus.Masak sampe bumbu meresap dan mendidih.Cicipi terlebih dahulu.Dirasa sudah pas dan mantap,sisihkan

5.Tahap ini untuk membuat bumbu sambal kacang : haluskan cabe,bawag merah dan putih,Lalu tumis sampe harum.setelah harum Tambahkan kacang tanah halus,gula merah,garam,air dan air asam. Aduk sampai mengental dan matang.

6.Jika semua proses sudah siap,kemudian tahap penyajian.Ambil mangkok saji,beri sooun,taouge,dan lain-lain nya.Beri pula potongan daging sengkel yang kita masak tadi.Kemudia guyur dengan kuah kadlu,dan beri sambal bumbu kacang,Beri taburan bawang dan kerupuk.Soto sokaraja sudah siap di sajikan dan disantap selagi panas.Besama keluarga tercinta nada dirumah.

Cukup mudah kan sis.Sekian dulu ya sedikit resep dari kami seputar soto kali ini.Semoga berguna dan bermanfaat untuk kita semua dan pastinya menambah koleksi resep masakan sista sekalian.Terima kasih sudah membaca resep soto sokaraja asli gurih dan lezat kali ini.

Baca juga : Resep coto makasar mantap nikmat