Resep sambal terasi khas bangka

Resep sambal terasi khas bangka.-Sambal merupakan menu wajib bagi para pencinta kuliner pedas diseluruh nusantara,Ada banyak jenis olahan sambal khas diseluruh indonesia.Hampir disetiap daerah memiliki ciri sambal khas yang berbeda-beda.Seperti halnya sambal terasi khas bangka satu ini.

Ngomong-ngomong masalah terasi.Pasti sista dirumah sudah pada tahu ya dengan terasi bangka.Ya salah satu olahan yang dibuat dari udang dengan cara di fermentasikan sehingga menjadi olahan yang bernama terasi.Aroma khas terasi memang dapat membangkitkan selera makan.serta memberikan cita rasa di setiap olahan nya.

Resep sambal terasi khas bangka
Resep sambal terasi khas bangka

Nah kali ini ada sedikit tips untuk sista paraktekan dirumah agar dapat membuat sambal terasi khas bangka yang memiliki cita rasa khas dan manta.dan dipastikan dapat membangkintak selera santap anda dan keluarga.Disimak ya sis..!!

Bahan yang dibutuhkan :

1/2 kg cabe merah

6 siung bawang merah
5 siung bawang putih
50 gram terasi bangka
200 gram gula merah
200 gram tomat merah
Garam secukupnya

Cara membuat nya :

1.Kupas bawang merah dan bawang putih kemudian cuci cabe merah,bawang,dan tomat.sisihkan dahulu

2.Rebus semua bahan tersebut sampai sedikit layu.sambil menunggu bahan latu kita panggang terasi sampai kering dan beraroma tajam dan khas.

3.Selanjutnya,Setelah bahan kita rebus tadi kemudian buang air rebusan dan dinginkan bahan terlebih dahulu hingga kering.

4.Siapkan blender.Cus kita blender semua bahan tersebut kemudia tambahkan gula merah dan terasi. Lalu tambahkan garam,cicipi.Jika sudah pas dan mantap sisihkan.Sampai disini sambal terasi khas bangka sudah siap disajikan.

Olahan sambal dengan lalapan segar makin mangtap untuk menyantap nya.Ditambah dengan laup pauk lain nya.Nah cukup mudah dan simpel kan sis.Sekian dulu ya si resep sambal terasi khas bangka kali ini.Semoga berguna dan bermanfaat serta dapat menambah koleksi resep sambal sista sekalian.

Baca juga : Resep soto sokaraja asli gurih dan lezat