Resep sayur asem segar menggoda menggugah selera

Resep sayur asem segar menggoda menggugah selera.-Hay sista..!!.Bicara masalah sayur memang sangat berfariasi dan beraneka ragam,Seperti halnya sayur asem yang akan kita bahas kali ini.Sayur asam sendiri masakan yang terbuat dari anaka jenis sayur-sayuran segar.Biasanya terdiri dari,terong,jagung,melinjo,kacang tanah,kacang panjang dan sebagai nya.

Resep sayur asem segar menggoda menggugah selera
Resep sayur asem segar menggoda menggugah selera

Sayur asem terbilang jenis sayuran yang sangat berfariasi,hampir disetiap daerah memiliki ciri khas tersendiri dalam peyuguhan dan pembuatan sayur asem ini.Tetapi tetap saja mengunakan bahan dasar yang sama.Salah satu jenis sayur asem yang banyak dikenal yaitu sayur asem jakarta atau sayur asem betawi.Walau sayur asem ini berasal dari daerah jawa.Tetapi jenis sayur ini sudah meyebar hampir di seluruh daerah indonesia.


Sayur asem ini memiliki cita rasa yang khas dan unik,yang terdiri dari rasa pedas,masis dan pstinya asam,Kombinasi rasa yang segar dan mantap sehingga dapat membangkitkan selera makan.Oke sis,kali ini kita kan mencoba membuat olahan sayur asem segar citarasa sederhana yang bisa kita praktekan dengan mudah dirumah.Langsung saja disimak dan dicatat resep dan proses pembuatan nya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

1 buah Labu siam segar,potong sesuai selera
1 buah Terong ungu,potong sesuai selera
4 biji  Kacang panjang,pontong sesuai selera
2 buah jagung segar,potong sesuai selera
150 grm Daun melinjo dan melinji muda
1/2 buah pepaya muda
5 biji  cabe rawit
3 biji cabe merah
4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1/2 biji kemiri
garam dan gula secukupnya
Air secukupnya
6 buah blimbing wuluh

Cara pembuatan nya :

1.Haluskan cabe merah,cabe rawit,kemiri,bawang merah dan bawang putih.Selai mingiling bumbu kita merebus belimbing wuluh hingga lunak.

2.Setelah belimbing wuluh lunak,kemudian di buang biji belimbing wuluh nya.Lalu haluskan bersama dengan bumbu yang kita buat pertama tadi.

3.Masukan semua bumbu yang sudah di halus kedalam panci yang sudah berisi air.kemudian masak dengan api sedang.

4.Kemudian masukan semua sayur-sayuran yang ada seperti,Jagung,melinjo,labu siam,pepaya, kacang panjang,terong,kacang tanah dan sebagai nya.

5.Aduk perlahan denagn api kecil,Kemudian beri sedikit garam dan gula,Setelah itu cicipi terlebih dahulu rasa nya.Dirasa sudah pas dan matap,Masak sebentar hingga semua sayur menjadi matang dan sedikit lunak.Tetapi perlu di ingat jagan sampai terlalu lunak.Setelah matang angkat dan sajikan.

Oke sista..!!!.Sampai disini Resep sayur asem segar menggoda menggugah selera sudah siap untuk disantap bersama nasi panas dan menu lauk pauk lain nya.Apalagi ditambah dengan sambal mtah yang pedas.Yummiii..semakin mengugah seleran untuk menyantap nya.

Sekian dahulu sista resep sayur asem segar kita kali ini.Semoga berguna dan bermanfaat untuk kita semua dan pastinya menambah koleksi resep masakan sista sekalin.Selamat mencoba dirumah.

Baca juga : Resep kolak biji salak kuah santan aroma pandan