Resep kolak biji salak kuah santan aroma pandan

Resep kolak biji salak kuah santan aroma pandan.-Hay sista..!!.Menu olahan kolak di indonesia terbilang sangat beragam dan berfariasi.Semua jenis olah ini biasa nya terbuat dari umbi-umbian,buah-buahan yang di olah sedemikain rupa dengan sentuhan tangan kreatif dan inofatif sehingga terciptalah sebuah hidangan yang biasa disebut dengan kolak.

Resep kolak biji salak kuah santan aroma pandan
Resep kolak biji salak kuah santan aroma pandan

Kali ini kita akan mencoba membuat hidangan kolak biji salak.Bukan biji slah sungguhan lho ya,Tapi hanya menyerupai biji salak saja karena bentuk nya bulat.Olahan ini berbahan dasar dari ubi jalar dengan campuran beberapa adonan yang di bentuk sedemikian rupa meyerupai biji salak,Sehinga hidangan ini disebut dengan kolak biji salak.Oke sista disimak dan di catat yang proses pembuatan kolak biji salak kuah santan aroma pandan kali ini.


Bahan-bahan yang dibutuhkan :

1 kg ubi jalar merah
2 sdm garam halus
250 sagu tani
4 lembar daun pandan
5 sdm tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan sedikit air
500 gram gula aren
2 liter air
1 buah kelapa parut dan peras menjadi santan kenatal

Cara membuatnya :

1.Kupas ubi jalar merah kemudian potong kecil-kecil dan kukus hingga matang dan empuk lalu taburin 1sdm garam,Tumbuk hingga halus.

2.Beri sagu tani sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga kalis,lalu bentuk bulat sebesar biji salak.

3.Lalu rebus 2 liter air bersama 2 lembar daun pandan dan 500 gram gula aren hingga mendidih,setelah mendidih masukan olahan adonan biji salak yang kita buat tadi,kemudian masak hingga mengapung,Jika sudah mengapung bearti tanda sudah matang dan masukan larutan tepung maizena aduk hingga mengental.

4.Kemudian tahap berikutnya,Rebus Santan kelapa dengan 1sdm garam dan 2 lembar daun pandan,aduk terus hingga mendidih agar santan tidak pecah.

5.Setelah semua proses selesai,sajikan biji salak dan siram kuah santan yang sudah kita buat tadi.

Nah sampai disini Resep kolak biji salak kuah santan aroma pandan sudah siap disajikan dan dinikmati sebagi hidangan pencuci mulut setelah makan bersama keluarga tercinta dirumah.Atau untuk hidangan berbuka puasa di bulan ramadhan nanti.

Oke sista,Sekian dahulu ya sedikit informasi Resep kolak biji salak kuah santan aroma pandan kali ini.Semoga berguna dan bermanfaat.Selamat mencoba dirumah.

Baca juga : Resep simpel kolak pisang sederhana