Resep sop buntut kacang merah spesial simpel sederhana

Resep sop buntut kacang merah spesial simpel sederhana.-Hay sista..!!.Bagi-bagi resep spesial lagi nih.Kali ini seputar olahan dari daging sapi.Pasti sista sudah tahu akan hidangan yang satu ini.Sop buntut sapi.Hidangan ini sudah terkenal sekli seantero jagan nusantara.Macam-macam olahan dan kreasi sudah banyak tercipta dari olahan buntut sapi ini.Mulai dari sop butuk bakar,sop buntut kuah keju dan masih banyak lagi.Semua pasti mengoyang lidah siapa saja yang mencicipi nya.

Resep sop buntut kacang merah spesial simpel sederhana
Resep sop buntut kacang merah spesial simpel sederhana

Sebagai informasi ya sis,jenis masakan ini bukan hanya ada di indonesia saja,bhkan negara kore dan cina sangat mengemari olahan masakan jenis ini.Kabar nya hidangan sop buntut ekor sapi ini sudah ada sejak abad ke 18 lho.Dan menu pembuatan nya biasa di campurkan dengan olahan kentang dan tomat segar.sepeti kebanyakan olahan sop yang ada.Tapi semakin berkembang nya zaman olahan sup buntut ekor sapi ini semain berfariasi dan semakin inofatif.

Oke sista kali ini kita coba membuat olahan resep sop buntut kita sendiri ya dirumah,dengan bumbu

yang simpel serta sederhana.Tapi soal rasa gak kalah saing deh.Mampu mengoyang lidah anda dan keluarga tercinta.Langsung saja disimak dan di catat ya sis resep dan proses pembuatan nya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

1500 grm Buntut sapi / Sesuai kebutuhan
4 buah wortel,potong sesuai selera
Kacang merah sesuai selera
4 buah kentang potong dadu
2 batang daun seledri
2 batang daun bawang
2 sdm bawang goreng
1 siung bawang bombay
kaldu sapi instan
Air secukupnya

Bumbu rempah :

3 cm  kayu manis
10 butir cengkeh
6 butir kapulaga

Bumbu yang di haluskan :

15 siung bawang putih
20 butir merica putih
1/2 buah Biji pala
3 sdt  Garam kasar
1 sdt  Gula pasir

Cara pembuatan nya :

1.Cuci bersih buntut sapi,potong sesuai selera kemudia masukkan kedalam panci yang berisi air sampai buntut sapi terendam semua.Masak dengan api besar sampai air mendidih,matikan kompor.setelah matang dan lembuat buang air rebusan dan tiriskan.

2.Kemudia Masak lagi buntut kedalam panci dengan air sampai buntut terendam semuanya.nyalakan kompor dengan api sedang.

3.Sementara merebus buntut sapi,haluskan bumbu,iris daun bawang dan seledri, potong-potong kentang,wortel dan bawang bombay.dan sisihkan terlebih dahulu.

4.Panaskan minyak pada wajan,masukkan bawang bombay dan tumis sampai harum setelah bawang bombay harum.Masukkan bumbu halus dan bumbu rempah kemudian tumis semuanya sampai wangi dan beraroma sedam hinga tercampur.

5.Setelah itu Masukkan tumisan bumbu tersebut kedalam rebusan buntut,masak sampai buntut setengah empuk sambil diaduk rata,kemudian masukkan kentang,kacang merah dan wortel,kaldu bubuk lalu rebus sampai semua bahan matang dan empuk
6.Cicipi terlebih dahulu.setelah dirasa pas dan mantap.Matikan kompor.dan sop buntut kacang merah sudah bisa disajikan selagi hangat.Dengan diberikan taburan bawang goreng serta di temani dengan sambal dan nasi putih panas.

itulah sis sedikit Resep sop buntut kacang merah spesial simpel sederhana yang bisa kita bagikan kali ini.Pasti sista sekalian bisa dan mampu membuatnya,dan mengkreasikan nya menjadi sebuah hidangan yang sedap dan mantap.Oke sista,sekian dahulu ya dan selamat mencoba di rumah.

Baca juga : Resep masakan padang gulai tunjang mantap terasa