Resep sayur lodeh kreasi pasti nikmat

Resep sayur lodeh kreasi pasti nikmat.-Hay sista..!!.kali ini kita kembali lagi memberikan sedikit info resep masakan yang mungkin bisa sista praktekkan dirumah sebagai menu andalan untuk santap keluarga tercinta dirumah.Sista semua pasti sedah pada mengenak dengan sayura lodeh kan..?

Kali ini kita akan mencoba membuat sayur lodeh kreasi,Jadi dari resep ini bisa sista lreasikan sendiri untuk tambahan bahan dan bumbunya.karena sayur lodeh sendiri sangat berfariasi model,bentuk,olahan,resep,bumbu dan sebagainya.

Resep sayur lodeh kreasi pasti nikmat
Resep sayur lodeh kreasi pasti nikmat

Sayur lodeh biasanya mengunakan kuah santan yang sedikit encer dengan warna putih,merah,dan kuning.Tergantung resep dan cara penyajian memasak nya saja.Hampir disetiap daerah di indonesai pasti memiliki olahan sayur lodeh yang beragam dan bermacam-macam.

Biasanya bahan-bahan utama yang digunakan untuk membuat sayur lodeh ini terdiri dari sayur-

sayuran seperti,Labu siam,terong,petai,melinjo,kacang panjang, dan lain-lain serta ditambah pula dengan oalahn tempe,tahu,oncom,ikan teri,ikan asap dan masih banyak lagi.Oke sis langsung saja disimak resep dan proses pembuatan sayur lodeh yang satu ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

8 buah bawang merah
5 siung bawang putih
2 buah laos
2 batang sereh
2 lembar daun salam
3 biji cabe merah kriting
4 biji  cabe hijau
2 sendok makan ketumbar
1/4 sendok teh lada
Gula pasir dan garam secukupnya
Penyedap rasa sapi secukupnya
2 sendok makan ebi
1 liter santan kelapa cair
4 batang wortel
300 gram kacang panjang atau buncis
1 buah labu siam potong sesuai selera

Cara pembuatan nya :

1.Potong-potong semua sayuran terlebih dahulu sesuai selera.Setelah itu sisihkan dahulu.

2.Bawang dan cabe dipotong tipis kemudian sereh dan laos digeprek.

3.Tumis bawang hingga harum,masukkan cabe,laos,sereh,daun salam dan pete.Masak hingga layu dan mengeluarkan aroma harum mengoda.

4.Kemudian masukkan semua sayuran,aduk rata secara perlahan dan masak hingga setengah matang.

5.Lalu masukkan santan kelapa,ebi,peyedap rasa secukupnya,lada,garam,ketumbar,gula.dan aduk rata kembali.sampai disini,Jangan lupa untuk mencicipi terlebih dahulu,Dirasa sudah pas dan mantap.Masak hingga matang sampai sayur menjadi lembut.Setelah itu angkat dan sajikan.

Nah cukup simpel dan mudah bukan untuk membuat sayur lodeh kreasi yang satu ini.disini sista bisa berkreasi lagi dengan menambahkan bahan-bahan lainnya.Oke sista sekian dulu resep lodeh kali ini dan selamat mencoba dirumah.

Baca juga : Resep pindang sapi spesial goyang lidah