Resep cumi kuah hitam simpel sederhana

Resep cumi kuah hitam simpel sederhana.-Hay sista..!!.Kali ini kita akan mencoba membuat sedikit olahan makanan yang brbahan dasar dari cumi-cumi.Nah jenis seafood yang satu ini sudah sangat populer bukan untuk dijadikan masakan nikmat penggugah selera makan kita.

Banya sekali jenis masakan yang mengunakn bahan dasar cumi,Mulai dari cumi bakar,cumi panggang,cumi saus tiram,cumi asam manis,dan masih banyak lagi.Kali ini kita mencoba mengoalh cumi dengan bumbu sederhana.dengan mengunkan tinta hitam yang ada pada cumi sebagai campuran kuah nya.

Resep cumi kuah hitam simpel sederhana
Resep cumi kuah hitam simpel sederhana

Tinta hitam pada cumi-cumi ini dipercaya kaya akan antioksidan yang tinggi.Antioksidan sendri berperan sebagi pencegan pertumbuhan nya sel kangker didalam tubuh manusia.Jadi masakan yang akan kita buat ini selain nikmat juga sehat,Karena dapat mencegan pertumbuhan sel kangker di dalam tubuh.Okse sis,,Langsung saja dicatat dan disimak proses pumbuatan cumi kuah hitam simpel sederhana kali ini...

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

500 gram cumi segar ukuran sedang yang masih ada tinta utuh di dalam nya.
10 buah cabe rawit / sesuai selera jiak suka pedas
Garam secukupnya
1 buah bawang bombay

1 cm jahe
1 cm lengkuas
1 cm kunyit
2 lembar daun salam
1 batang serai
2 sdm saos tiram
5 siung bawang merah
6 siung bawang putih

Cara pembuatan nya :

1.Bersihkan cumi-cumi dan ambil utuh tintanya,pada proses ini usahakan tidak pecah pada saat membersihkan.potong sesuai selera.Kemudia sisihkan terlebih dahulu.

2.Iris tipis bawang merah,bawang putih,bawang bombay,cabe rawit.Untuk jahe,lengkuas dan kunyit serta batang serai dikeprek saja hingga gepeng.

3.Kemudia tumis bawang merah,bawang putih dan cabe rawit,jahe,lengkuas,kunyit,serai dan daun salam.Hinga harum dan sedikit dan berubah warna.

4.setelah harum masukkan cumi-cumi beserta tinta.Sebelum dimasak hancurkan terlebih dahulu tinta cumi dengan sendok pengorengan.Setelah itu masukkan bawang bombay.Tambahkan garam dan saos tiram.dan sedikit air.Masak sebentar dan jangan lupa di cicipi terlebih dahulu jika dirasa sudah pas dan mantap cumi kuah hitam sudah dapat diangkat dan disajikan.

Nah cukup mudah dan simpel bukan untuk membuat masakan cumi kuah hitam yang satu ini.Sekian dulu ya sis sedikit resep kali ini seputar olahan cumi kuah hitam simpel sederhana yang pastinya sista sekalian bisa untuk membuatnya dirumah.Selamat mencoba.

Baca juga : Resep sayur asem segar menggoda menggugah selera